eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (2024)

eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (1)

Apa itu eNofa?

eNofa adalah sistem yang dapat Anda gunakan online untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). Layanan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menyediakan fasilitas bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam meminta NSFP. Karena permintaan untuk Nomor Seri Faktur Pajak masih dilakukan secara manual sebelum eNofa ada.

eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (2)

Sekarang, dengan program faktur pajak elektronik (E-Nofa), Direktorat Jenderal Pajak akan lebih rutin dan diawasi menyediakan NSFP untuk PKP. Hanya PKP yang tertib pajak dan didaftarkan dan dan diperiksa ulang bisa dapat layanan e-Nofa.

Aplikasi eNofa:

Pengusaha terdaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) diharuskan untuk membuat faktur pajak sebagai bukti bahwa pengurangan pajak resmi sedang dilakukan.

PKP pertamanya harus memiliki Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) untuk membuat faktur pajak.

PKP harus menjalani beberapa proses aplikasi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di masa lalu untuk mengajukan permohonan NSFP. Namun, prosedurnya sekarang jauh lebih sederhana karena Direktur Pajak memiliki aplikasi e Nofa yang dapat membantu mempromosikan dan mempercepat penerbitan NSFP.

Proses untuk mengajukan NSFP diatur oleh Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PH/2012. Hukum menetapkan bahwa:

  • PKP akan membuat faktur pajak yang mencakup kode dan NSFP. NSFP terdiri dari 16 digit yang dibagi menjadi kode transaksi dua digit, kode status satu digit dan 13 digit nomor faktur yang ditetapkan DJP.
  • NSFP dapat diperoleh sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Misalnya, nomor faktur pajak akan mulai dari 000.14.00000009 dan seterusnya, untuk membuat faktur pajak untuk 2020.

Bagaimana cara memanfaatkan Layanan E Nofa

  1. Daftarkan Bisnis Anda sebagai PKP
  2. Pembayar harus menjadi PKP agar memenuhi syarat untuk menerima NSFP. Bagaimana yang dimaksudkan PKP?

    PKP adalah istilah untuk bisnis atau perusahaan yang menawarkan produk atau layanan kena pajak. Singkatnya, produk yang dijual adalah produk atau layanan yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

    eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (3)

    Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengenali organisasi bisnis sebagai PKP. Pertama, omset tahunan perusahaan akan mencapai setidaknya Rp 4.8 miliar. Kedua, perusahaan harus lulus survei atau verifikasi petugas KPP. Terakhir, pengusaha harus memiliki dokumentasi yang diperlukan untuk meminta PKP.

  3. Dapatkan sertifikat pajak elektronik
  4. Sertifikat pajak elektronik dapat dianggap sebagai “uang” untuk menerima NSFP. Anda dapat menerima kredensial elektronik ini dengan mendaftar secara online dan juga langsung ke KPP berlisensi. Setelah menerima Aplikasi, PKP harus mendapatkan nama pengguna dan kata sandi untuk memicu akun eNofa ketika mendapatkan sertifikat elektronik.

    eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (4)

    Sertifikat pajak elektronik meliputi tanda tangan digital dan identifikasi wajib pajak. Sertifikat elektronik ini harus dipasang di browser Anda (browser internet) untuk memulai proses meminta NSFP melalui Aplikasi E Nofa.

  5. Kirimkan Aplikasi NSPF Anda
  6. Setelah menginstal sertifikat pajak elektronik di browser, Anda dapat masuk langsung ke https: //efaktur.pajak.go.id/login menggunakan nama pengguna dan kata sandi PKP terdaftar atau jnomor NPWP. Ketika halaman muka muncul, Anda dapat memilih menu yang ditemukan di kiri bawah untuk menu Permintaan NSFP.

    eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (5)

    Pilih sertifikat elektronik yang baru saja Anda instal di browser Anda. Kontak Anda biasanya di beri peringatan yang ianyanbukan koneksi pribadi. Anda dapat mengabaikan peringatan dan menekan opsi langsung ke efaktur.pjak.go.id. Anda hanya dapat membuat permintaan untuk seleksi dari NSFP setelah itu.

Persyaratan Aplikasi eNofa

Kerangka klien-server adalah mekanisme untuk aplikasi e-Nofa dan aplikasi e-Faktur milik DJP beroperasi. Dengan kata lain, satu PC bertindak sebagai server basis data, dan PC lain yang terhubung ke Aplikasi eNofa terhubung ke server basis data PC melalui jaringan internet yang tersedia.

Program E Nofa dapat dijalankan pada komputer dengan Windows 32 dan 64-bit, Linux 32 dan 64-bit, dan sistem operasi Machintos 64-bit. Komputer memerlukan prosesor dual-core dengan RAM 3 GB dan ruang penyimpanan minimum 50 GB, monitor VGA atau layar dengan resolusi minimum 1024×768. Komputer ini dapat dihubungkan ke jaringan untuk persyaratan teknis.

Bagaimana Cara Menginstal Aplikasi eNofa?

Unduh Penginstal ENOFA yang sesuai komputer.

Ketuk tombol untuk menginstal. Ekstrak file sampai proses instalasi selesai. Anda dapat menemukan banyak file di tab Ekstrak. Pilih file bernama EtaxInvoice.exe. Sebelumnya pastikan bahwa perangkat Anda terhubung ke internet karena, setelah instalasi, program harus melakukan pembaruan otomatis.

eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (6)

Akhirnya, Anda dapat masuk langsung ke Aplikasi setelah proses instalasi dan peningkatan selesai, mengingat bahwa sertifikat elektronik dipasang di browser. Jika sudah lengkap seluruh proses , entitas bisnis dapat meminta aplikasi NSFP.

Cara Menyerahkan NSFP Online melalui e-Nofa

Langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP diresmikan, Anda juga dapat meminta secara online untuk Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) melalui Aplikasi e-Nofa sebagai wajib pajak. Berikut ini adalah deskripsi cara mendapatkan nomor seri faktur pajak dengan mengunduh sertifikat elektronik dari elektronik e-faktur.

  1. Buka menu pengaturan di kanan atas layar
  2. Klik pengaturan lanjutan
  3. Kemudian klik kelola sertifikat
  4. Akhirnya, tekan impor dan ikuti langkah selanjutnya.

Setelah proses impor sertifikat elektronik Anda selesai, Anda harus segera mengakses dan memasuki situs web eNofa untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak online.

eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (7)

  1. Jelajahi situs web e-Nofa https://efaktur.pajak.go.id/pkp/home
  2. Masuk dan minta NSFP
  3. Pilih sertifikat elektronik yang Anda impor dari browser
  4. Klaim rentang Nomor Seri Faktur Pajak Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan password enofa?

Kata sandi eNofa akan dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan saat mendaftar, setelah proses mengaktifkan akun PKP (Pengusaha Kena Pajak). Di alamat email yang Anda buat, Anda dapat mencari di kotak masuk email atau kotak spam untuk melihat kata sandi eNofa Anda.

Dimana password eNofa bisa saya temukan?

Setelah proses aktivasi Orang Kena Pajak selesai untuk tujuan PPN, kata sandi eNofa akan dikirim ke alamat email yang Anda gunakan saat mendaftar. Anda dapat mencari kotak masuk email atau kotak sampah (spam) untuk melihat kata sandi eNofa di akun email terdaftar Anda.

Apa itu Faktur Pajak?

Faktur pajak adalah bukti bahwa Anda membayar pajak pada setiap unit atau transaksi yang terkena pajak. Wajib pajak akan menyimpan faktur dan mengirimkannya ke kantor pajak untuk mendorong transparansi pajak.

eNOFA Aplikasi Untuk Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (2024)

FAQs

Bagaimana cara meminta nomor seri faktur pajak secara online? ›

Berikut adalah langkah-langkah meminta NSFP melalui E-NOFA online.
  1. Buka situs resmi aplikasi faktur pajak e-NOFA, log in.
  2. Klik menu “PERMINTAAN NSFP”.
  3. Sistem akan memproses untuk menampilkan e-sertifikat yang sudah terinstal.
  4. Pilih e-sertifikat, klik OK.
  5. Klik “Process to efaktur.pajak.go.id”
Apr 1, 2023

Aplikasi e-Nofa untuk apa? ›

e-Nofa pajak adalah aplikasi yang disediakan DJP untuk melakukan permintaan nomor faktur pajak secara online. Caranya adalah dengan mengakses situs e-Nofa pajak dari DJP di http://efaktur. pajak.go.id. Anda juga wajib memiliki sertifikat elektronik.

Bagaimana cara mengembalikan nomor seri faktur pajak yang tidak terpakai? ›

Pada awal tahun Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) baru kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dikarenakan NSFP tahun sebelumnya sudah tidak bisa digunakan pada tahun yang berbeda.

Minta faktur pajak dimana? ›

Melalui KPP tempat PKP dikukuhkan dengan menggunakan surat permohonan Nomor Seri Faktur Pajak. Melalui website e-Nofa online atau website yang ditentukan/disediakan oleh DJP.

Login Enofa pakai apa? ›

Selamat Datang di Aplikasi e-Nofa Online

Gunakan Username Anda berupa NPWP 15 Digit dan Password adalah Password yang Anda gunakan untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak di KPP.

Kapan bisa minta NSFP 2024? ›

"Untuk permintaan NSFP 2024 sudah bisa dimintakan pada bulan Desember 2023.

Apakah pengembalian NSFP bisa online? ›

Apakah bisa pengembalian NSFP yang tidak terpakai secara online? Belum ada, untuk saat ini tidak ada aplikasi online pajak yang mengakomodir pengembalian NSFP secara online. Baik dari pihak DJP maupun pihak penyedia layanan SPT elektronik.

Apakah sisa nomor seri faktur pajak harus dikembalikan? ›

Sesuai ketentuan terbaru pada Peraturan Dirjen Pajak PER-03/PJ/2022 stdd PER-11/PJ/2022, pengembalian NSFP memang sudah tidak diatur kembali. Artinya NSFP tak terpakai tidak perlu dikembalikan ke KPP.

Apakah NSFP ada masa berlakunya? ›

Perlu diperhatikan, NSFP yang diberikan memiliki masa berlaku hanya setahun. Di ketentuan lama, sisa NSFP yang tidak terpakai harus dikembalikan ke KPP. Namun di ketentuan terbaru yakni di Peraturan Dirjen Pajak nomor PER-03/PJ/2022, NSFP yang tidak terpakai tidak perlu dikembalikan.

Kenapa tidak bisa minta nomor seri faktur pajak? ›

Penyebab gagalnya pengajuan NSFP bisa disebabkan oleh kondisi seperti berikut: Muncul notifikasi “Error! Username/password is invalid!”, artinya username dan kata sandi atau password yang PKP masukkan salah.

Bagaimana jika tidak ada faktur pajak? ›

Dasar Hukum Pemberian Sanksi Tidak Menerbitkan Faktur Pajak

Secara singkat, Pasal 113 menyebutkan bahwa PKP yang tidak membuat faktur pajak elektronik akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar 2% dari dasar pengenaan pajak (DPP).

Apakah orang pribadi bisa mengeluarkan faktur pajak? ›

Dalam UU tersebut dikatakan, orang pribadi atau badan yang tidak dikukuhkan sebagai PKP dilarang membuat faktur pajak.

Langkah Langkah mencatat penomoran faktur pajak Accurate online? ›

Penomoran Pajak Pada Accurate Online
  1. Klik menu Pengaturan | Penomoron Pajak.
  2. Tentukan blok nomor yang diterima oleh DJP pada kolom/field yang disediakan.
  3. Klik Simpan setelah selesai.
  4. Pengaplikasian penomoran pajak ketika terjadi faktur penjualan yang dikenakan pajak seperti gambar dibawah ini:

Apakah nomor invoice dan faktur pajak harus sama? ›

Dear all, mau tanya apa harus sama nomor faktur pajak dengan nomor invoice? Tidak wajib.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Virgilio Hermann JD

Last Updated:

Views: 6216

Rating: 4 / 5 (61 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Virgilio Hermann JD

Birthday: 1997-12-21

Address: 6946 Schoen Cove, Sipesshire, MO 55944

Phone: +3763365785260

Job: Accounting Engineer

Hobby: Web surfing, Rafting, Dowsing, Stand-up comedy, Ghost hunting, Swimming, Amateur radio

Introduction: My name is Virgilio Hermann JD, I am a fine, gifted, beautiful, encouraging, kind, talented, zealous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.